Saturday 26 July 2014

[Book] Orang-Orang Bloomington (1980)



Written by: Budi Darma
Pages: 244
I got it from: pinjem Perpusda mBantul
Date I started reading: 25th of July 2014
Date I finished it: 26th of July 2014

-----

Hwooooo... Setelah lama aku bertanya-tanya tentang buku ini karena banyaknya pujian dan kritik positif kepadanya, akhirnya bisa baca juga. Jadi kebetulan banget sebenernya, kemaren siang mampir ke pusda buat membunuh waktu karena nungguin simbok yang ada urusan dan lama benjet gitu. Bweh, dah lamaaaaa banget rasanya ngga maen ke sana. Terakhir kapan ya... 

Anyway, langsung menuju rak sastra dong yaaaaaa, browsing lah daku. Sampeee tiba-tiba melihat harta karun ini teronggok di rak paling pojok gitu. Excited banget! Ambil deh trus aku baca sampe setengahnya dan kemudian aku terngantuk-ngantuk karena AC-nya yang bikin teler (--,) 

Kumcer ini berisi 7 cerita dengan judul nama-nama orang yang sekiranya berlaku penting dalam alur masing-masing cerita (Laki-Laki Tua Tanpa Nama, Joshua Karabish, Keluarga M, Orez, Yorrick, Ny. Elberhart, dan Charles Lebourne). Diceritakan dengan sudut pandang orang pertama 'saya' dalam semua cerita, bikin aku jadi mikir kalo ceritanya bisa aja berkesinambungan. Soalnya dari karakterisasi pun kukira si 'saya' ini nggak beda jauh satu sama lain dalam tiap kisah. Pokoknya 'saya' ini adalah seorang lelaki yang sering kali hidupnya sepi dan suram, penuh konflik personal, dan ingin tahu tentang urusan orang lain. Juga beberapa kali digambarkan bahwa dia seorang mahasiswa asing (mungkin karena latar belakang pengarang, di mana waktu nulis ini Budi Darma memang sedang berstatus mahasiswa juga di Bloomington) dengan hidup yang yahhhh datar-datar aja (kecuali di cerita terakhir, 'saya' ini sepertinya orang asli Amerika sana). Tapi, justru kehidupan orang-orang di sekitar si 'saya' ini yang terkadang unik menjurus aneh namun tetap berjalinan erat dengan realita. Well, at least that's how I see it.

Ceritanya mengalir tenang dan sering kali tiba-tiba menghanyutkan. Aku aja ngga sadar udah dua jam aja duduk di pusda baca buku ini. Karena.... Gimana yah, ada daya pikat tersendiri pada cerita-cerita dalam buku Budi Darma ini, jadi susah lepas kalo udah baca. Gaya ceritanya juga kayak gaya cerita buku harian gitu, mirip memoar kukira. Pantesan yaaa banyak dipuji dan dibicarakan orang, emang keren sih.

Ada beberapa quotes favorit tapi aku lupa nandai, jadi ini satu aja yang kuinget, dari Laki-Laki Tua Tanpa Nama:

Janganlah mengurusi kepentingan orang lain dan janganlah mempunyai keinginan tahu tentang orang lain. Hanya dengan jalan demikian, kita dapat tenang.

Tertohok ngga sih loooooo?! Hahahahaha. Semoga setelah ini quote di atas bisa kuterapkan pada hidupku. Atas masterpiece Orang-Orang Bloomington ini, I will give....

No comments:

Post a Comment