Friday 4 July 2014

[Movie] A Clockwork Orange (1971)



Directed by: Stanley Kubrick
Based on: A Clockwork Orange by Anthony Burgess
Running time: 136 mins
Cast:
  • Malcolm McDowell as Alex DeLarge
  • Patrick Magee as Mr. Frank Alexander
  • Michael Bates as Chief Guard Barnes
  • Warren Clarke as Dim
  • John Clive as Stage Actor
  • Adrienne Corri as Mrs. Mary Alexander
  • Carl Duering as Dr. Brodsky
  • Paul Farrell as Tramp
-----

SICK! Sick sick sick! Film ini bener-bener bikin shock! A Clockwork Orange adalah film Kubrick kedua yang kutonton setelah The Shining (1980), dan pengen sih nonton film-film dia yang lain karena yah, terpesona sama kedua film Kubrick ini! The Shining sukses membuat aku ikut pusing dan stres berkawan bekson yang bikin 'gila' dan film horor-thriller yang cukup mengerikan. A Clockwork Orange kali ini sukses bikin aku merasa... Freaked out. Totally freaked out.

Diawali dengan scene sekelompok pemuda yang lagi nongkrong di sebuah kafe susu, Korova Milk Bar, yang menyediakan susu spesial yang konon bisa bikin mereka jadi 'petakilan' dalam konteks negatif. Scene paling awal itu bikin aku naksir sama si Alex (tokoh utama) malaaah -_- dia di close-up gitu dan tampangnya garang-garang psycho tapi tetep bikin awawawawawwww~

Jadi Alex sama ketiga temennya yang dia sebut 'droogs' adalah berandalan yang kerjaannya sakpenake dewe kadang nyiksa orang, break in ke rumah orang-orang, sampe memperkosa juga. Pokoknya kriminil banget lah mereka, diceritakan bahwa emang keadaan Inggris di masa depan ya kayak gitu (genre-nya distopia btw) banyak kejahatan kriminal di mana-mana sampe mungkin semacam dihalalkan gitu ya. Tapi masih ada pihak berwajib juga sih kayak polisi dan penjara. 

Nah suatu kali, si Alex ketangkep tuh waktu dia lagi break in ke rumah orang, mana dia dijebak juga sama temen-temennya yang udah ngga loyal. Jadilah dia dipenjara dan dijatuhi 14 tahun hukuman. Waktu berlalu, udah dua taun aja tuh dia dipenjara, sampe pada satu hari di mana Alex terpilih jadi obyek percobaan suatu sistem yang kelak akan digunakan buat mengontrol kejahatan yang merajalela. Dia yang kayak disiksa gitu suruh nonton film-film mengerikan tentang kejahatan dan matanya harus melek terus ngga boleh kedep (dipasang alat biar ngga merem). Sampeeee akhirnya Alex ngga bisa deket-deket sama hal yang berbau kekerasan dan seksual, dia bakal ngerasa mual-mual hebat kalo ada hal kekerasan sama seksual tadi.

Aku ngga bakal kasih ending dan cerita lebih lanjut yahhhhh pokoknya harus nonton sendiri karena film ini legendaris banget sampe-sampe dulu katanya pernah dicekal dan dilarang tayang gitu karena kontennya yang terbilang disturbing dan terlalu 'keras'. Emang begitu sih, tapi aku tetep enjoy nontonnya karena Kubrick menggarapnya secara totalitas. Setiap detail kayak diperhatikan banget, dan menciptakan imej futuristik tentang London di masa depan dengan segala kriminalitasnya. Ditambah lagi bekson-bekson ciamik yang kebanyakan adalah musik klasik, bikin suasananya tuh kadang ngga jadi ngeri tapi malah menjurus kocak-kocak miris gimanaaaaa gitu deh hahaha, mungkin tekniknya ini digunain lagi di The Shining ya yang memainkan emosi dengan musik pengiring.

Masterpiece jelas lah ya film ini. Maka aku kasih rating....


No comments:

Post a Comment