Thursday 3 July 2014

[Movie] Black Swan (2010)



Directed by: Darren Aronofsky
Running time: 108 mins
Cast:
  • Natalie Portman as Nina Sayers/The Swan Queen
  • Mila Kunis as Lily/The Black Swan
  • Vincent Cassel as Thomas Leroy/The Gentleman
  • Barbara Hershey as Erica Sayers/The Queen
  • Winona Ryder as Beth MacIntyre/The Dying Swan
  • Benjamin Millepied as David Moreau/The Prince
-----

This is more like it! I mean, ini baru Natalie Portman! Emang harusnya dia maen di film-film serius kayak begini, bukan di romcom macam No Strings Attached kemaren itu --" Kali ini dia memikat aku habis-habisan dengan aktingnya yang superb. Top banget deh.

Dengan genre psychology thriller/horror yang emang aku gandrungi banget, Black Swan membuat penontonnya tenggelam dalam jurang kegelapan yang begitu dalam. Hiii... Ngeri abis. Ceritanya tentang Nina, seorang balerina yang perfeksionis banget. Apalagi ditekan sama ibunya yang overprotektif dan rada galak-galak medeni gitu kalo Nina ngeyel.

Nina ini kepengen banget jadi peran utama dalam pementasan Swan Lake karya Tchaikovsky, padahal menurut Thomas, sutradara pementasan itu, Nina itu terlalu lembek karena dia cuman bisa menjiwai White Swan dan ngga terlalu pas waktu jadi Black Swan. Karena takut ngga kepilih, Nina pun mengunjungi Thomas buat minta dijadiin pemeran utamanya. Dia sempet bilang "I just wanna be perfect." Eeeh dicipok deh dia sama Thomas, terus Nina gigit tuh si Thomas karena kurang ajar. Besoknya, Nina kepilih jadi pemeran utama!

Habis itu, dimulailah ketakutan-ketakutan Nina karena saking banyaknya pressure dalam hidupnya, dia juga jadi banyak berhalusinasi dan lama-lama jadi gawat banget gitu delusionalnya. Semacam John Nash di A Beautiful Mind gitu, menurutku sih Nina pengidap schizophrenia juga.

Film ini memikat penonton dengan pesonanya (ballet, fantasi seks Nina sama Lily :p, dll), untuk kemudian menarik ke dalam kengerian yang terasa begitu nyata. Pokoknya kita ngga sadar kalo kita ternyata udah terjerat aja sama 'horor' film ini. Ending scene-nya pun bikin merinding disko... Di mana Nina bilang "I felt it. Perfect. It was perfect." sebage respon mungkin ya dari kata-katanya yang dia kepengen sempurna di awal tadi. Bravo.




No comments:

Post a Comment