Sunday 10 August 2014

[Movie] Detachment (2011)



Directed by: Tony Kaye
Running time: 100 mins
Cast:
  • Adrien Brody as Henry Barthes
  • Marcia Gay Harden as Principal Carol Dearden
  • Christina Hendricks as Ms. Sarah Madison
  • William Petersen as Mr. Sarge Kepler
  • Bryan Cranston as Mr. Dearden
  • Tim Blake Nelson as Mr. Wiatt
  • Betty Kaye as Meredith
  • Sami Gayle as Erica
-----

"It was depressing as hell", would be the perfect sentence to describe the entire movie. Well, at least almost the whole of it. Ada beberapa bagian yang bikin bahagia juga kok. Hampir di seluruh scene ada Adrien Brody, misalnya. *ditapuki wolak walik* HUEHEHEHEHE. Ya pasti dong aku nonton ini karena ada Adrien. :p Nontonnya kemaren dini hari.

Henry Barthes adalah seorang guru pengganti yang kebetulan dapet tugas buat ngajar di suatu sekolah yang isinya murid-murid nakal dan rusak gitu. Pokoknya anak-anaknya ja ampuuuun parah banget lah. Detachment mengisahkan tentang kehidupan para guru dan staff di sekolah itu lewat kacamata si Henry. Di hari pertama ngajar, Henry udah dapet perhatian dari para murid karena dia orangnya tegas dan nggak takut sama muridnya yang notabene suka verbally abuse people gitu.

Tapi dibalik itu, Henry sebenernya adalah orang yang juga memiliki banyak masalah, khusunya internal. Yah, semua tokoh di film ini gitu sih. Henry dan para guru lainnya dituntut bisa menjalankan sekolah dan memperbaiki murid-muridnya tapi di sisi lain mereka sendiri punya banyak tekanan. Henry, punya masa lalu yang kelam dan dia masih dibayang-bayangi hal itu. Dia pun punya tanggungan kakeknya yang dirawat di semacam rumah jompo. Kemudian, Henry ketemu sama seorang PSK remaja, Erica. Yang sok tangguh gitu dan mecicil, tapi habis itu malah dirawat sama Henry di rumahnya.

Digambarkan dengan depressing, Detachment berhasil bikin aku stres juga nontonnya. Sedih banget. Apalagi sinematografinya kayak film-film indie gitu, penuh warna-warna gelap dan lampu-lampu yang blur dan bokeh, dan banyak lagi pokoknya. Bikin pusing, tapi tetep punya nilai estetika. Pesan yang dibawa juga bagus. Akting Adrien duuuh gak usah diragukan lagi lah ya emang cocok banget dia dikasih peran macam ini. Sami Gayle juga keren, ini film ketiga dia yang kutonton setelah Hateship, Loveship dan Vampire's Academy. Kebetulan aja sih, nonton film eeh nemu dia terus hahaha.

So dark and blurry....


No comments:

Post a Comment